NAMA : FIDYANTO NUR CHURNIAWAN
NO.UKG : 201503040696
UNIT KERJA : UPT SD NEGERI SUGIHAN 1
LPTK : UNIVERSITAS NEGERI MALANG
NIM : 243132914396
MAPEL : BAHASA INGGRIS
Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 3 SD dengan pendekatan TaRL
Materi : Jenis Makanan
dan Minuman
A. IDENTITAS MODUL
· Nama Sekolah : UPT SD NEGERI SUGIHAN 1
·
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
·
Kelas/Semester : 3/1
·
Materi :
Jenis Makanan dan Minuman
·
Alokasi Waktu :
1 Pertemuan (2 x 35 menit)
·
Pendekatan :
Teaching at the Right Level (TaRL)
·
Penyusun
modul ajar : Fidyanto Nur
churniawan, S.Pd.
B. KOMPETENSI AWAL
Siswa sudah mengenal beberapa kosa kata dasar dalam
bahasa Inggris seperti warna, angka, dan benda-benda di sekitar.
C. PROFIL PELAJAR PANCASILA
·
Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
dan berakhlak mulia
·
Berkebhinekaan global
·
Bergotong-royong
·
Mandiri
·
Bernalar kritis
·
Kreatif
D. SARANA DAN PRASARANA
·
Ruang kelas yang nyaman
·
Whiteboard dan spidol
·
Flashcards bergambar makanan dan minuman
·
Speaker dan audio pembelajaran
·
Kartu kata (word cards)
E. TARGET PESERTA DIDIK
Siswa kelas 3 SD dengan kemampuan beragam dalam bahasa
Inggris.
F. JUMLAH PESERTA DIDIK
21 siswa
G. MODEL PEMBELAJARAN
·
Pendekatan TaRL dengan pembelajaran kelompok
berdasarkan tingkat kemampuan..
TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu menyebutkan jenis makanan dan minuman dalam
bahasa Inggris dengan lancar.
PEMAHAMAN BERMAKNA
Mengenal dan menyebutkan jenis makanan dan minuman dalam
bahasa Inggris membantu siswa berkomunikasi lebih baik dan memahami budaya
global.
PERTANYAAN PEMANTIK
·
Apa makanan favoritmu?
·
Bagaimana cara menyebut makanan itu dalam bahasa
Inggris?
·
Apa minuman yang kamu sukai?
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.
Guru membuka pelajaran dengan salam dan doa.
2.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.
3.
Guru melakukan asesmen awal dengan pertanyaan
sederhana terkait jenis makanan dan minuman dalam bahasa Inggris yang sudah
diketahui siswa.
Kegiatan Inti (50 menit)
Kelompok 1 (Pemula)
·
Guru menunjukkan flashcards bergambar makanan
dan minuman sambil menyebutkan namanya dalam bahasa Inggris.
·
Siswa mengulang kata-kata tersebut bersama-sama.
·
Siswa berlatih menyebutkan nama makanan dan minuman
dengan menggunakan kartu kata.
Kelompok 2 (Menengah)
·
Guru membagikan kartu kata dan meminta siswa
mencocokkan kartu kata dengan flashcards bergambar.
·
Siswa berlatih menyebutkan nama makanan dan
minuman secara bergiliran.
·
Guru memberikan latihan berupa permainan
matching (mencocokkan gambar dengan kata).
Kelompok 3 (Lanjutan)
·
Guru memberikan tugas untuk membuat daftar
makanan dan minuman favorit mereka dalam bahasa Inggris.
·
Siswa diminta untuk memperkenalkan makanan dan
minuman favorit mereka di depan kelas.
·
Guru mengadakan permainan tebak kata (charades)
terkait makanan dan minuman.
Kegiatan Penutup (10 menit)
1.
Siswa menyebutkan kembali nama-nama makanan dan
minuman yang sudah dipelajari.
2.
Guru memberikan pujian dan umpan balik positif.
3.
Guru menutup pelajaran dengan doa bersama dan
memberikan tugas rumah sederhana (menuliskan 5 jenis makanan dan minuman dalam
bahasa Inggris).
REFLEKSI
·
Guru meminta siswa untuk menulis atau
menceritakan kembali satu jenis makanan dan minuman yang mereka ingat dari
pembelajaran hari ini.
·
Guru merefleksikan bagaimana siswa merespons
kegiatan pembelajaran dan mencatat catatan penting untuk perbaikan di pertemuan
selanjutnya.
ASESMEN/PENILAIAN
·
Asesmen Awal : Memberikan tes tulis dalam bentuk soal menjodohkan kata untuk mengetahui kemampuan
awal murid terkait materi food and drink
·
Asesmen Formatif: Observasi langsung
selama kegiatan pembelajaran, tanya jawab, dan permainan interaktif.
·
Asesmen Sumatif: Tugas rumah dan
presentasi kecil tentang makanan dan minuman favorit siswa.
KEGIATAN PENGAYAAN DAN REMEDIAL
·
Pengayaan: Siswa yang sudah mahir dapat
diberikan tugas tambahan berupa membuat kalimat lengkap tentang makanan dan
minuman dalam bahasa Inggris.
·
Remedial: Siswa yang membutuhkan bantuan
lebih akan mendapatkan bimbingan tambahan dari guru, seperti latihan pengucapan
dan pengulangan kosa kata dengan bantuan flashcards.

Hasil telaah sudah sesuai dengan runtutan kegiatan pembelajaran dan asesmen yang ada pada modul ajar dengan pendekatan TaRL
BalasHapusTelaah sudah sesuai dengan apa yang di tugaskan, dan menginspirasi saya dalam membuat modul ajar dengan pendekatan TaRL untuk pembelajaran dikelas saya
BalasHapusTelaah yang dibuat sudah memenuhi standar yg ditentukan, runtut ,mudah dipahami, dan bisa saya jadikan rujukan untuk membuat modul ajar melalui pendekatan yg sama.
BalasHapusTelaah yang dibuat sudah sesuai mudah dipahami . Dan bisa menjadikan inspirasi serta bisa saya jadikan acuan untuk pembuatan modul ajar dgn menggunakan metode pembelajaran yg sama.
BalasHapusHasil telaah sangat bagus, sesuai dengan runtutan kegiatan pembelajaran pada modul ajar dengan pendekatan TaRL. Selain itu juga sangat menginspirasi dalam pembuatan modul ajar
BalasHapus