HASIL TELAAH PENDEKATAN PEMBELAJARAN TaRL

 

NAMA             : FIDYANTO NUR CHURNIAWAN

NO.UKG         : 201503040696

UNIT KERJA  : UPT SD NEGERI SUGIHAN 1

LPTK               : UNIVERSITAS NEGERI MALANG

NIM                 : 243132914396

MAPEL           : BAHASA INGGRIS

Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 3 SD dengan pendekatan TaRL

Materi : Jenis Makanan dan Minuman

A. IDENTITAS MODUL

·         Nama Sekolah                       : UPT SD NEGERI SUGIHAN 1

·         Mata Pelajaran                 : Bahasa Inggris

·         Kelas/Semester                  : 3/1

·         Materi                                : Jenis Makanan dan Minuman

·         Alokasi Waktu                  : 1 Pertemuan (2 x 35 menit)

·         Pendekatan                       : Teaching at the Right Level (TaRL)

·         Penyusun modul ajar     : Fidyanto Nur churniawan, S.Pd.

B. KOMPETENSI AWAL

Siswa sudah mengenal beberapa kosa kata dasar dalam bahasa Inggris seperti warna, angka, dan benda-benda di sekitar.

C. PROFIL PELAJAR PANCASILA

·         Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia

·         Berkebhinekaan global

·         Bergotong-royong

·         Mandiri

·         Bernalar kritis

·         Kreatif

D. SARANA DAN PRASARANA

·         Ruang kelas yang nyaman

·         Whiteboard dan spidol

·         Flashcards bergambar makanan dan minuman

·         Speaker dan audio pembelajaran

·         Kartu kata (word cards)

E. TARGET PESERTA DIDIK

Siswa kelas 3 SD dengan kemampuan beragam dalam bahasa Inggris.

F. JUMLAH PESERTA DIDIK

21 siswa

G. MODEL PEMBELAJARAN

·         Pendekatan TaRL dengan pembelajaran kelompok berdasarkan tingkat kemampuan..

TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

Siswa mampu menyebutkan jenis makanan dan minuman dalam bahasa Inggris dengan lancar.

PEMAHAMAN BERMAKNA

Mengenal dan menyebutkan jenis makanan dan minuman dalam bahasa Inggris membantu siswa berkomunikasi lebih baik dan memahami budaya global.

PERTANYAAN PEMANTIK

·         Apa makanan favoritmu?

·         Bagaimana cara menyebut makanan itu dalam bahasa Inggris?

·         Apa minuman yang kamu sukai?

KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

1.       Guru membuka pelajaran dengan salam dan doa.

2.       Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

3.       Guru melakukan asesmen awal dengan pertanyaan sederhana terkait jenis makanan dan minuman dalam bahasa Inggris yang sudah diketahui siswa.

Kegiatan Inti (50 menit)

Kelompok 1 (Pemula)

·         Guru menunjukkan flashcards bergambar makanan dan minuman sambil menyebutkan namanya dalam bahasa Inggris.

·         Siswa mengulang kata-kata tersebut bersama-sama.

·         Siswa berlatih menyebutkan nama makanan dan minuman dengan menggunakan kartu kata.

Kelompok 2 (Menengah)

·         Guru membagikan kartu kata dan meminta siswa mencocokkan kartu kata dengan flashcards bergambar.

·         Siswa berlatih menyebutkan nama makanan dan minuman secara bergiliran.

·         Guru memberikan latihan berupa permainan matching (mencocokkan gambar dengan kata).

Kelompok 3 (Lanjutan)

·         Guru memberikan tugas untuk membuat daftar makanan dan minuman favorit mereka dalam bahasa Inggris.

·         Siswa diminta untuk memperkenalkan makanan dan minuman favorit mereka di depan kelas.

·         Guru mengadakan permainan tebak kata (charades) terkait makanan dan minuman.

Kegiatan Penutup (10 menit)

1.       Siswa menyebutkan kembali nama-nama makanan dan minuman yang sudah dipelajari.

2.       Guru memberikan pujian dan umpan balik positif.

3.       Guru menutup pelajaran dengan doa bersama dan memberikan tugas rumah sederhana (menuliskan 5 jenis makanan dan minuman dalam bahasa Inggris).

REFLEKSI

·         Guru meminta siswa untuk menulis atau menceritakan kembali satu jenis makanan dan minuman yang mereka ingat dari pembelajaran hari ini.

·         Guru merefleksikan bagaimana siswa merespons kegiatan pembelajaran dan mencatat catatan penting untuk perbaikan di pertemuan selanjutnya.

ASESMEN/PENILAIAN

·         Asesmen Awal : Memberikan tes tulis dalam bentuk soal menjodohkan kata untuk mengetahui kemampuan awal murid terkait materi food and drink

·         Asesmen Formatif: Observasi langsung selama kegiatan pembelajaran, tanya jawab, dan permainan interaktif.

·         Asesmen Sumatif: Tugas rumah dan presentasi kecil tentang makanan dan minuman favorit siswa.

KEGIATAN PENGAYAAN DAN REMEDIAL

·         Pengayaan: Siswa yang sudah mahir dapat diberikan tugas tambahan berupa membuat kalimat lengkap tentang makanan dan minuman dalam bahasa Inggris.

·         Remedial: Siswa yang membutuhkan bantuan lebih akan mendapatkan bimbingan tambahan dari guru, seperti latihan pengucapan dan pengulangan kosa kata dengan bantuan flashcards.

HASIL TELAAH TERHADAP RANCANGAN MODUL AJAR DENGAN TaRL, adalah sebagai berikut:


Komentar

  1. Hasil telaah sudah sesuai dengan runtutan kegiatan pembelajaran dan asesmen yang ada pada modul ajar dengan pendekatan TaRL

    BalasHapus
  2. Telaah sudah sesuai dengan apa yang di tugaskan, dan menginspirasi saya dalam membuat modul ajar dengan pendekatan TaRL untuk pembelajaran dikelas saya

    BalasHapus
  3. Bekti Kusumaningrum4 Agustus 2024 pukul 00.50

    Telaah yang dibuat sudah memenuhi standar yg ditentukan, runtut ,mudah dipahami, dan bisa saya jadikan rujukan untuk membuat modul ajar melalui pendekatan yg sama.

    BalasHapus
  4. Telaah yang dibuat sudah sesuai mudah dipahami . Dan bisa menjadikan inspirasi serta bisa saya jadikan acuan untuk pembuatan modul ajar dgn menggunakan metode pembelajaran yg sama.

    BalasHapus
  5. Hasil telaah sangat bagus, sesuai dengan runtutan kegiatan pembelajaran pada modul ajar dengan pendekatan TaRL. Selain itu juga sangat menginspirasi dalam pembuatan modul ajar

    BalasHapus

Posting Komentar