HASIL TELAAH STUDI KASUS PEMBELAJARAN DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN CRT (Culturally Responsive Teaching )

 


NAMA                   : FIDYANTO NUR CHURNIAWAN

NO.UKG                : 201503040696

UNIT KERJA         : UPT SD NEGERI SUGIHAN 1

LPTK                     : UNIVERSITAS NEGERI MALANG

NIM                       : 243132914396

 

TUGAS TOPIK 4

( ALUR : DEMONSTRASI KONSTEKTUAL )

HASIL TELAAH STUDI KASUS PEMBELAJARAN BERBASIS CRT DI BLOG

Apa itu CRT (Culturally Responsive Teaching ) ?

Pendekatan  Culturally Responsive Teaching (CRT). adalah Pendekatan yang mengintegrasikan kebiasaan, karakteristik, pengalaman, dan perspektif peserta didik sebagai alat untuk pembelajaran yang lebih baik. 

Langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CRT adalah sebagai berikut:

 1.    Identitas diri peserta didik: peserta didik diajak untuk mengenal identitas    budayanya yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan;

2.    Pemahaman budaya: peserta didik mengkonstruksikan pemahaman budaya        dengan ilmu pengetahuan baru yang diperoleh dari berbagai sumber;

3.    Kolaborasi: peserta didik bekerja dalam kelompok untuk membahas konsep dan         perspektif budaya;

4.    Berpikir kritis untuk refleksi: peserta didik membandingkan hasil diskusinya      dengan teori yang ada dengan bimbingan guru; dan

Konstruksi transformatif: peserta didik menyajikan pemahaman mereka melalui sebuah   proyek.


HASIL TELAAH ADALAH SEBAGAI BERIKUT!

Mohon berikan komentar terhadap studi kasus yang sudah saya buat!

Komentar

  1. Hasil telaah studi kasusnya sudah bagus perlu dicoba dalam pembelajaran dikelas bila menghadapi yang sama dalam ilustrasi kasus dengan menggunakan pendekatan CRT

    BalasHapus
  2. Contoh study kasusnya bagus, praktis dan sangat mengena, sehingga menjadi referensi yg sangat baik dalam proses menyampaikan materi sehingga mudah dimengerti dan dipahami dengan mudah oleh peserta didik.. Mantab pak guru

    BalasHapus

Posting Komentar